Kamis, 04 Desember 2008

perkembangan IT dan permasalahan yg dihadapi manusia abad 20

...Di akhir abad ke 20 ini kemajuan teknologi informasi bisa dikatakan telah berkembang dengan pesat dikarenakan banyaknya kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh umat manusia atau user (pengguna computer). oleh karenanya teknologi yang berkembang terus menerus menyesuaikan kebutuhan dan kesulitan yang dihadapi oleh sebagian besar umat manusia yang membutuhkannya.

...Dengan teknologi informasi vendor-vendor pun berusaha mengembangkannya guna dapat menyesuaikan kebutuhan untuk menghindari kesujitan-kesulitan yang dihadapi oleh para umat manusia di dunia, jika kita lihat dari sisi lain para vendor selain berusaha menyesuaikan kebutuhan umat manusia untuk menghindari kesulitan yang dihadapi. sebagian besar vendor-vendor yang sudah ada pun selalu berusaha dan bersaing untuk memberikan yang tebaik dalam mengembangkannya

...Pada abad ini dunia IT tidak lagi dipandang sebelah mata oleh sebagian besar umat manusia dikarenakan keberadaan IT yang banyak terlibat dalam keseluruhan sektor yang dikelola umat manusia, kesadaran umat manusia dalam memanfaatkan teknologi informasi adalah pilihan yang tepat untuk penyelesaian suatu masalah yang dihadapi, sehingga saat ini keberadaan dunia IT semakin banyak dikenal secara global, beberapa contoh sektor-sektor yang sudah dapat dikelola dan berkembang dengan baik melalui teknologi informasi adalah :

  • Sektor Perekonomian dengan aktifitas bisnisnya dari usaha kecil menengah sampai aktifitas Perekonomian pemerintahan global yang telah berjalan sangat baik.
  • Sektor Pendidikan dengan ilmu pengetahuan dan informasi yang diberikan dan dapat di akses tanpa sedikitpun batasan jarak dan waktu yang menghambat,
  • Serta sektor lainnya seperti sosial dan budaya.


Kini kita masuk dalam era IT yang telah berkembang.


...IT” bukanlah kata yang masih dianggap tabu oleh sebagian besar umat manusia. saat ini sebagian umat manusia di dunia mengerti tentang IT beserta pemanfaatannya.

...Setelah apa yang kita tau tentang peran teknologi informasi IT sebagai mesin pengolah data menjadi sebuah informasi yang banyak diandalkan oleh sebagian besar umat manusia di dunia untuk mempermudah dan memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi, Bukan hanya itu, jika kita berfikir lagi secara tidak kita sadari kehidupan kita telah di pengaruhi oleh teknologi informasi bahkan IT telah menyatu dalam keseharian kita “IT bagaikan organ tubuh yang melekat didalam tubuh kita tanpa disadari” mingkin itu kutipan yang pantas untuk peran IT. Berikut adalah pengaruh langsung dari teknologi informasi:

  • Pengiriman surat secara elektronis hanya memerlukan waktu singkat > email, sms, ems, mms.
  • Pencarian informasi dapat dilakukan secara seketika melalui Internet > browsing.
  • Ketelitian hasil perhitungan bisa ditingkatkan > komputasi numeris.
  • Pengelolaan data dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan mudah à basis data.

...IT tidak hanya mempermudah umat manusia dalam bekerja, berkomunikasi, dan menikmati hiburan, tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Contoh:

  • Bekerja tanpa harus berkantor (mobile dengan menggunakan PDA-phone)
  • Belajar tanpa harus hadir di kelas (konsep distance learning)
  • Berjualan tanpa harus memiliki stok barang (on-demand trading)
  • Berbelanja tanpa harus melihat barang secara fisik (on-line shopping)

...Teknologi Informasi membuka peluang bagi kita untuk menemukan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien, yang sekarang mungkin belum terpikirkan, oleh karna itu semua, secara tidak langsung pengaruh IT sangat besar bahkan hidup kita pun saat ini bergantung pada teknologi informasi yang sudah ada,

2 Komentar:

Pada 12 Februari 2011 pukul 01.08 , Blogger Indra Juniarti mengatakan...

makasih isi blogX................................,

 
Pada 1 Mei 2017 pukul 08.00 , Blogger Unknown mengatakan...

Sama sama... Semoga bermanfaat :)
Setelah lama baru lihat lg blog saya.. Semoga nanti saya ada kesematan menulis lg..

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda